Selasa, 18 Februari 2014

Tahukah Anda Versi Windows yang Anda Pakai?

Sekilas Tentang Beberapa Versi Windows



Dalam dunia komputer kata Windows mungkin tidak asing lagi, karena saat ini Windows merupakan Sistem Operasi yang paling banyak digunakan. Namun demikian, bagi sebagian orang kata Windows, mungkin hanyalah nama-nama yang digunakan pada Sistem Operasi tersebut, seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8. Tapi Tahukah Anda Versi Windows yang Anda Pakai?, Sebelum dan sesudah perilisan setiap Sistem Operasi Windows, Windows memiliki versi-versi tersendiri. Misalnya Windows XP Professional, Windows 7 Ultimate dan Windows 8 OEM. Oke, berikut ini kita bahas mengenai Versi-Versi Windows.

Windows Release Preview
Preview sama artinya dengan Beta. Jadi Windows Preview sama artinya dengan Windows versi Beta, yaitu Windows yang masih dalam fase development dan sengaja dirilis agar publik bisa mencoba OS tersebut. Karena masih dalam fase development, Windows Preview atau Windows Release Preview biasanya masih memiliki banyak kekurangan, dan terus akan diperbaiki.

Windows RTM
Windows RTM atau yang disebut juga sebagai "Release to Manufacturing" merupakan Windows yang sudah tidak lagi berada di fase development, tetapi belum dirilis untuk publik. Windows RTM diberikan Microsoft kepada partner mereka misalnya Dell, Acer, samsung dan sebagainya beberapa bulan lebih awal. Sehingga mereka bisa melakukan pengetesan dan mempersiapkan PC mereka sebelum menjual PC tersebut ke publik.

Windows OEM
Windows OEM atau yang disebut juga dengan "Original Equipment Manufacturing", merupakan versi Windows yang sudah pre-installed (built-in) dengan komputer/laptop. Jadi jika Anda membeli PC yang sudah built-in Windows, maka Windows yang Anda miliki adalah Windows OEM.

Windows Retail
Windows Retail merupakan versi final dari sebuah Windows yang sudah dirilis ke publik. Versi ini sama dengan OEM, hanya saja tidak dibundling dengan komputer/laptop melainkan di jual dalam box tersendiri. Windows Retail biasanya di jual dengan harga yang lebih mahal.

Mungkin dengan penjelasan di atas, dapat memberikan sedikit informasi mengenai Versi Windows yang Anda gunakan. Semoga artikel Tahukah Anda Versi Windows yang Anda Pakai? Bisa menambah wawasan baru untuk kita semua. Terima kasih. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar