Kamis, 13 Februari 2014

Mencegah Penularan Virus dengan Cara Menonaktifkan USB/Flashdisk melalui REGEDIT

Bagi teman-teman yang komputer atau laptopnya sering terkena virus, apalagi komputer atau laptop Anda dipinjam oleh orang lain yang menggunakan USB/Flashdisk tanpa memikirkan apakah ada virus atau tidak sehingga mengakibatkan komputer atau laptop Anda terkena virus. Salah satu penyebab penularan virus yang paling cepat saat ini adalah melalui media USB/Flashdisk. Penyebaran ini biasanya melalui fitur autorun atau biasa disebut autoplay. Mungkin trik berikut ini dapat sedikit membantu untuk mencegah hal tersebut.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan:
1. Masuklah ke regedit. Dengan cara tekan tombol Windows+R pada Komputer atau laptop Anda, kemudian ketikkan regedit lalu Enter.
Cari key berikut ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE/System/CurrentControlSet/Services/USBSTOR.
Double klik start ganti 3 jadi 4.

Dengan cara ini Flashdisk tidak akan bisa jalan, tetapi masih timbul masalah ketika orang lain memasukkan USB baru, maka akan tetap muncul found new hardware..... lalu terbaca. Cara mengatasinya, lakukan langkah kedua ini.

2. Masuk ke regedit lagi kemudian cari key seperti langkah pertama, klik kanan pada USBSTOR klik permision pada semua user yang  tersedia klik deny lalu OK.

Dengan cara ini maka meskipun ada USB baru maka tidak akan terbaca oleh komputer atau laptop meskipun wizard found new hardware, tetapi akan muncul pesan access denied.

Untuk mengembalikan seperti semula masuk kembali ke regedit cari key tersebut klik kanan pada USBSTOR pilih Permissions lalu hilangkan centang pada Deny kemudian OK. Selanjutnya pada tampilan sebelah kanan double klik start ganti 4 jadi 3. Kemudian Log Off Komputer atau Laptop Anda. Lihat hasilnya Komputer atau Laptop Anda sudah bisa mengakses USB/Flashdisk.

Ini hanyalah salah satu cara untuk Mencegah Penularan Virus dengan Cara Menonaktifkan USB/Flashdisk melalui REGEDIT. Semoga bermanfaat.


1 komentar:

  1. bagaimana caranya supaya, aplikasi di external drive tidak bisa di buka,

    BalasHapus